Tuesday, October 12, 2010

Inovasi Layanan Penasehat Petani menggunakan ICT

Abstrak
Selama 10 tahun terakhir, telah terjadi kemajuan luar biasa dalam penggunaan ICT di pertanian Afrika, terutama di bidang akses petani terhadap informasi pasar. Berbagai proyek telah dikembangkan dengan mengintegrasikan TIK ke dalam penyebaran informasi pertanian kepada para petani. Layanan Informasi Petani baik di
tingkat nasional dan regional adalah bidang baru yang menjanjikan dari penelitian dan aplikasi dalam bidang e-pertanian. Artikel ini membahas sejumlah inovatif
proyek-proyek yang memanfaatkan TIK dalam memberikan informasi kepada petani, dengan fokus analisis sebagian besar pada telepon selular yang telah menjadi lebih luas dalam beberapa tahun terakhir sebagai sarana menyebarkan informasi pertanian kepada para petani dan menawarkan berbagai sarana pemberian informasi pertanian di daerah di mana infrastruktur internet terbatas dan tidak dapat diandalkan. Ini temuan menarik dari Th e Forum Pertanian Penelitian di Afrika (FARA) Inventarisasi Inovasi Layanan Penasehat Petani menggunakan ICT, yang disusun dari semua layanan petani yang dikenal inovatif penasihat atau
sistem saat ini dalam desain, ada atau yang baru selesai di Afrika
Persediaan (66 halaman) adalah hasil dari konsultasi online dengan FARA Regional Informasi Pertanian & Learning System (rel) kelompok diskus yang diadakan selama bulan penelitian di tahun 2008 + meja Oktober. Meskipun tidak banyak informasi tersedia untuk beberapa proyek yang terkandung di dalamnya, inventarisasi menunjukkan bahwa banyak proyek-proyek yang bersifat percontohan, yang dilaksanakan oleh organisasi internasional, telah berlangsung singkat dan sering tidak tetap setelah donor asli pendanaan telah berhenti. Hal ini telah terkena kebutuhan untuk proyek-proyek kelas atas, dengan mempertimbangkan kebutuhan konteks individu dan informasi petani dan dengan demikian mengembangkan layanan dengan hati-hati platform terintegrasi, dengan dukungan tidak hanya dari perusahaan swasta dan LSM, tetapi investasi dari pemerintah nasional juga.

Pengantar

Tidak ada inisiatif crosscutting untuk belajar tentang teknologi massal baru yang hanya dimasukkan ke dalam proyek-proyek pembangunan-atau untuk mengidentifikasi transformativ yang mungkin. Dimana MOTForce perlu-Mobile Kesempatan Task Force untuk pertandingan sebelumnya DOTForce-tanpa yang ponsel kontribusi untuk pembangunan akan kiri ke pasar, kesempatan, atau hanya tertinggal? - Richard Heeks, profesor dan ketua Pembangunan Departemen Dalam formatics di Universitas Manchester, Inggris.

informatika Pertanian adalah sebuah konsep baru yang telah muncul mengikuti perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan internet. Dimaksud sebagai pertanian elektronik, informatika pertanian adalah bidang muncul yang menggabungkan kemajuan dalam informatika pertanian, pembangunan pertanian dan kewirausahaan untuk memberikan pelayanan pertanian lebih baik, diseminasi teknologi yang disempurnakan, dan informasi pengiriman melalui kemajuan ICT dan internet. Konsep e-Pertanian, Namun, melampaui teknologi, dengan integrasi pengetahuan dan budaya, yang ditujukan memperbaiki komunikasi dan proses belajar di antara aktor yang relevan dalam pertanian ditingkat yang berbeda yaitu lokal, regional dan global.

Di seluruh Afrika, TIK telah menjadi semakin terintegrasi ke dalam diseminasi informasi kepada petani. Selama puluhan tahun "tradisional" bentuk TIK telah menjadi lebih
lazim dalam penyediaan layanan penasihat. Radio dan TV program fitur pertanian
informasi. telecentre Pedesaan memberikan informasi tentang pendidikan, pertanian dan kesehatan dan melengkapi warga pedesaan dengan keterampilan tentang cara menggunakan komputer dan memberikan dasar keaksaraan. kementerian Nasional pertanian telah mencoba mengintegrasikan TIK ke dalam penyampaian informasi dan telah membentuk pusat menyediakan informasi kabupaten pertanian informasi. Banyak LSM dan organisasi penelitian juga mencoba memfasilitasi transfer teknologi di sektor pertanian.
Saat ini, informasi sebagian besar petani adalah disediakan baik oleh penyuluh,
melalui perpustakaan atau melalui website. Jumlah penyuluh telah turun sedangkan petani telah berkembang, maka perlu informasi yang inovatif sistem untuk mengatasi kesenjangan ini. Pengembangan Nasional Informasi Petani
Jasa - [Nafis www. nafis.go.ke],
layanan berbasis suara adalah salah satu inisiatif tersebut. Sebagian besar
inisiatif lainnya berbasis web seperti Infonet [www.infonet-biovision.org], Web-
mempromosikan layanan berbasis pertanian organik yang dilengkapi dengan
Para Petani Organik publikasi. Mencari informasi dari platform ini dan lainnya menjadi tugas berat bagi petani karena melibatkan membajak melalui banyak publikasi atau surfing besar jumlah halaman web. Selain itu, bagi petani buta huruf ini menjadi benar mustahil sejak awal. solusi berbasis web juga membawa tantangan karena infrastruktur internet di Afrika masih sangat jarang. Namun demikian, ini adalah sumber daya yang sangat berguna dan semua yang dibutuhkan adalah untuk menyediakan cara mudah bagi para petani untuk menavigasi mereka. Dengan meluasnya penggunaan ponsel, suara dan SMS harus menemukan solusi menggunakan lebih karena mereka menawarkan akses mudah. Namun, mereka juga menghadapi berikut tantangan: SMS hanya membawa jumlah terbatas dan membutuhkan informasi dasar tingkat melek huruf. solusi suara berbasis rumit untuk mengembangkan karena mereka memerlukan
mesin untuk menghasilkan ucapan yang alami, atau dalam istilah teknis, sintesis ucapan yang baik. Mereka juga tidak memberikan informasi rinci, misalnya sebagai ilustrasi bergambar seperti dalam solusi web. Meskipun demikian, solusi suara masih jauh platform yang paling menjanjikan bagi petani karena dapat disesuaikan untuk bahasa, mudah diakses dan sangat alami, karena memerlukan menggunakan telepon seluler melalui respon langsung terhadap pertanyaan tertentu.