Tuesday, April 13, 2010

Keuntungan Menggunakan LInux

Keuntungan - keuntungan menggunakan sistem operasi berbasis free Open Source Software(FOSS) adalah :
  • Lupa Virus; Saat kita sedang menyelesaikan pekerjaan dengan komputer. tiba-tiba komputer ngehang, muncul dialog aneh, muncul gambar aneh dan tak dikenali, muncul text aneh dan tak dikenali, prosesnya melambat, restart sendiri, mati sendiri dan masalah yang menyebalkannya lainnya, dan setelah di selediki ternyata virus telah menyerang komputer anda, wah ini harus di install antivirus atau install ulang Sistem Operasinya. Ini jelas bahwa anda menggunakan sistem operasi windows; Coba kalau anda menggunakan sistem operasi dari linux pastinya ceritanya lain, karena linux sangat awam dengan virus, kalau ada, dia tidak dapat bergerak bebas. karena linux itu tingkat pengamanan sistemnya sangat tinggi.
  • Stabil dan Tahan Lama; Mungkin anda pernah mengalami saat sedang bekerja dengan komputer. tiba-tiba komputer crass atau hang. ini biasanya kualitas sistem operasi yang anda gunakan sangat rendah, Meskipun Tidak ada sistem operasi yang sempurna, tapi apa salahnya jika anda gunakan sistem operasi yang lebih baik. Ya tentunya linux operating system. Sistem Operasi Linux ini sudah terbukti kahandalanya, contohnya banyak orang menggunakan linux untuk server, Dimana server biasanya jarang di matikan berhari-hari dan berbulan-bulan bahkan bertahun tetapi tetap dapat beroperasi seperti biasanya. Ini tidak bedanya dengan linux untuk desktop karena menggunakan sistem yang sama ya ngga.

  • Aman; Dikomputer biasanya terdapat data penting yang telah anda simpan, bayangkan jika data anda dapat dilihat bahkan di curi orang lain..kan bisa berbahaya. Untuk menghindarinya kita harus mengamankan dengan semaksimalkan mungkin data tersebut. Ini tentunnya harus didukung dengan sebuah sistem yang berpengaman tinggi. Kalau seperti ini anda harus memakai sistem operasi linux. Karena linux sebuah sistem yang berpengaman tinggi. Dimana Linux bersifat Multi User. Sehingga setiap user dapat menentukan user dan passwordnya sendiri untuk mengamankan datanya. Tanpa di ketahi oleh user lain walaupun dalam satu PC.
  • Hemat;anda mungkin pernah membeli komputer yang berisi sistem operasi windows; mungkin anda tidak merasa membeli software tersebut; dan anda hanya membayar komputernya atau hardwarenya. tapi tidak mungkin apa bila software itu gratis apa lagi bajakan bisa di hajar microsoft nanti. Jadi software tersebut pastinya tidak gratis terus kan ngga ada perusahaan yang rugi. terus yang bayar sistem tersebut siapa; ya jelas yang beli komputer tersebut. di mana setiap pembelian 1/4 dari harga komputer tersebut biasanya untuk membayar licensi sistem operasinya, walaupun anda tidak merasa membelinya. Coba kalau di komputer tersebut sistem operasi linux wah pastinya harganya lebih murah. kita tidak usah membeli licensi sistem operasi karena linux merupakan sistem operasi gratis kalau bayar pun paling tidak seberapa dibandingkan dengan licensi dari windows. Jadinya kita bisa lebih hemat bukan

  • Bebas;Linux merupakan sistem yang berlicensi free open source software(FOSS), jadi kita bebas untuk mengkopinya, menggunakan untuk tujuan apa ja. bebas untuk memodifikasinya atau memperbaikinya, dan bebas untuk mempelajari teknologinya sehingga kita sangat cocok bagi para pelajar, dimana mereka dapat mempelajari dan menguasai dengan bebas teknologi informasi ini tanpa harus takut dengan lisensinya.
Dikutip Dari: http://tohadi.wordpress.com/2009/01/31/keuntungan-menggunakan-gnulinux/

No comments:

Post a Comment