Sunday, June 20, 2010

Serviec Monit, HAPV dan ClamAV pada IPCop tidak berjalan

Pertama saya install IPCOP dan addon Copfilter, service Monit tidak berjalan. setelah saya googling sana - sini ternyata saya menemukan akar masalahnya. Hal ini terjadi karena ketika saya installasi add-on Copfilter, saya belum mengkoneksikan IPCop tsb ke internet. akibatnya ketika IPCOp ingin menginstall Razor account terhenti karena koneksi tidak ada. maka dari itu saya harus membuat Razor Account dan update ClamAV caranya :

Langkah pertama :
1. Masuk ke console IPCOP dengan Putty.
2. Pada Console ketikkan "cd .." tanpa tanda kutip.
3. Lalu ketikkan lagi "cd var/log/copfilter/default/" tanpa tanda kutip.
4.Lalu ketikan lagi " setup_util -R " tanpa tanda kutip. maka sistem akan membuat account razor baru, ditandai pada console "Creating Razor Account ". apabila sudah selesai akan muncul konfirmasi OK.


Langkah kedua:
Update file ClamAV terbaru:


1. download file update clamAv terbaru di clamav_0.96.1_copfilter.tar.gz
2. Copykan file tersebut ke dirctory /tmp dengan menggunakan WinSCP.
3. Masuk pada console IPCOP dengan Putty.
4. pindah ke directory root dengan cara ketikkan "cd .." tanpa tanda kutip.
5. Pindah ke directory tmp dengancara ketikkan "cd tmp" tanpa tanda kutip.
6. Ekstrak file  clamAV dengan cara ketikan " tar xvfz clamav_0.96.1_copfilter.tar.gz" tanpa kutip.
7. Pindah ke dirctory clamAV dengan cara kettikan "cd" tanpa kutip kemudian tekan tombol tab 1 kali kemudian enter. maka secara otomatis akan berpindah ke folder clamav.
8. mulai installasi dengan cara kettikan " ./setup " tanpa kutip kemudian enter. apabila ada konfirmasi [y/n] tekan y saja.
9. restart IPCOP.

2 comments:

  1. gan,,kok ane pas setup util,, ga bisa ya???malah not found, padahal ane dah step by step ikutin cara ente,,,itu knp ya??mhon pencerahan nya yah...

    ReplyDelete